Penanganan Pertama Ketika Asam Lambung Naik

Asam lambung naik atau terlalu tinggi merupakan masalah keshatan yang cukup serius dan harus segera di beri pertolongan atau penanganan pertama, jangan dibiarkan begitu saja. Asam lambung naik di tandai dengan beberapa gejala seperti dada terasa panas, mual, sesak nafas, perut kembung dan sebagainya.

Asam lambung yang naik ke atas dapat merusak dan mengiritasi daerah yang dilewatinya, termasuk tenggorokan. Bisa menyebabkan komplikasi yang cukup serius. Maka dari itu bila anda memiliki riwayat sakit asam lambung tinggi (GERD) bila kambung atau asam lambung anda mulai naik, anda bisa melakukan pertolongan pertama ketika asam lambung naik ke atas. Apa sajakah pertolongannya, dibawah ini adalah pertolongan pertama ketika asam lambung naik.

asam lambung naik cantik

  • Makan makanan kecil, tetapi lebih sering. Perut penuh menempatkan tekanan rendah esophageal sphincter (LES), seperti katup otot yang menjaga asam lambung dari back up ke kerongkongan.
  • Makan secara lambat, santai. Melahap bawah makanan Anda mengisi perut Anda lebih cepat, menempatkan lebih banyak tekanan pada LES.
  • Tetap tegak setelah makan. Berbaring meningkatkan tekanan pada LES, yang membuat refluks asam lebih mungkin.
    Hindari makan malam. Makan makanan atau makanan ringan dalam tiga jam berbaring tidur dapat memperburuk gejala refluks dan mulas. Meninggalkan cukup waktu untuk perut untuk membersihkan.
  • Tidak berolahraga segera setelah makan. Memberikan Anda waktu perut kosong; menunggu beberapa jam setelah makan sebelum berolahraga.
  • Miringkan badan Anda dengan irisan tidur. Membangkitkan tubuh Anda sedikit dengan bantal berbentuk baji mengurangi tekanan pada LES dan dapat meredakan mulas malam hari. Irisan tersedia dari perusahaan penyedia peralatan medis. Tidak hanya prop kepala dan bahu atas dengan bantal, yang benar-benar dapat memperburuk refluks.
  • Tinggal jauh dari minuman berkarbonasi. Mereka menyebabkan bersendawa, yang mempromosikan refluks asam lambung.
    Menemukan makanan yang memicu gejala Anda dan menghindari mereka. Beberapa makanan dan minuman meningkatkan sekresi asam, menunda mengosongkan perut atau melonggarkan LES — kondisi yang mengatur panggung untuk mulas. Pelanggar umum termasuk makanan berlemak, makanan pedas, tomat, bawang putih, susu, kopi, teh, cola, peppermint, dan coklat.
  • Mengunyah permen karet setelah makan. Permen karet mempromosikan air liur, yang menetralkan asam, menenangkan kerongkongan dan mencuci asam kembali ke dalam lambung. Menghindari rasa peppermint, yang dapat memicu mulas.
  • Periksa obat Anda. Tanyakan dokter atau apoteker jika salah satu obat yang Anda ambil bisa memperburuk refluks asam atau terangsang kerongkongan. Sebagai contoh, antidepresan trisiklik seperti amitriptyline melonggarkan LES dan tetracyclines seperti doksisiklin dapat menyebabkan peradangan esophagus.
  • Menurunkan berat badan jika Anda perlu. Kelebihan menempatkan lebih banyak tekanan pada perut (dan LES).

Itulah yang bisa anda lakukan bila asam lambung anda naik atau kambung. Cara-cara berikut bisa anda lakukan di rumah dengan mudah tentunya, selamat mencoba semoga anda terbantu dengan tips yang sederharan ini. Untuk pengobatan tentunya diperlukan penangan selanjutnya, salah satunya dengan mengkonsumsi obat asam lambung tinggi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *