Penyebab Luka Operasi Caesar Terbuka Lagi

Penyebab Luka Operasi Caesar Terbuka Lagi – Operasi caesar merupakan suatu prosedur persalinan yang mudah dan cepat. Namun melakukan operasi caesar ini juga memiliki resiko yang cukup berbahaya dan dapat mengancam jika ibu tidak mengetahui cara yang baik dan juga benar untuk melakukan proses perawatan luka bekas operasi caesar tersebut.

penyebab luka caesar terbuka

Selain itu juga dalam proses penyembuhan operasi caesar ini lumayan cukup lama dibandingkan dengan dengan proses melahirkan secara normal. Pada umumnya waktu yang dibutuhkan dalam proses penyembuhan operasi caesar yaitu 3-4 minggu, tetapi bisa juga lebih, terutama jika terjadi suatu infeksi yang terjadi pada bekas luka jahitan tersebut, maka akan lebih lama proses penyembuhannya. Baca juga Obat Pengering Luka Operasi Caesar

Dalam proses caesar ini juga tidak menutup kemungkinan terjadi efek samping meskipun sangat jarang terjadi. Ada beberapa efek samping yang terjadi setelah operasi caesar pada luka bekas jahitan seperti luka operasi caesar berdarah, luka caesar gatal, luka operasi caesar keluar nanah, dan bahkan luka operasi caesar terbuka lagi.

Perlu Anda ketahui juga, memang hal ini ada kemungkinan jika jahitan pasca operasi caesar terbuka lagi, meskipun sedikit, sehingga dalam proses penyembuhan lukanya pun akan semakin lama dan akan mengeluarkan cairan. Namun pada luka jahitan operasi caesar yang sedikit terbuka biasanya tidak perlu melakukan penjahitan ulang, tetapi yang perlu dilakukan yaitu menangani luka secara mandiri dan tetap kontrol pada Dokter, untuk memantau proses penyembuhan pada luka tersebut. Lalu apa penyebab dari luka operasi caesar terbuka lagi?

Berikut adan beberapa penyebab dari luka operasi caesar terbuka lagi diantaranya adalah :

1. Adanya infeksi.

2. Kurangnya asupan nutrisi terutama protein yang berfungsi untuk pertumbuhan jaringan kulit baru.

3. Adanya riwayat penyakit diabetes pada ibu.

4. Ibu mengangkat barang yang beban beratnya berat, mengedan, atau mengalami batuk secara terus menerus sehingga akan terjadi peningkatan suatu tekanan pada perut yang akan membuat perenggangan pada kulit perut.

Namun ada juga beberapa kasus yang disebabkan oleh faktor yang dapat mempengaruhi seperti longgarnya benang jahitan, alat-alat operasi yang kurang steril, cara menjahit karena Dokter mengambil jaringan kulit yang dijahit terlalu banyak sehingga pada bekas jahitan menjadi tebal, kemudian respon ibu terhadap benang jahit yang artinya sang ibu alergi terhadap bahan dasar benang jahit.

Dalam proses penyembuhan luka operasi dengan jahitan terbuka memang akan lebih lama jika dibandingkan dengan luka yang masih tetap rapat. Tetapi lama kelamaan jahitan tersebut juga akan merapat dengan sendirinya karena adanya pertumbuhan jaringan kulit baru, namun biasanya akan menimbulkan bekas luka.

Incoming search terms:

  • luka caesar terbuka sedikit
  • jahitan caesar terbuka sedikit

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *